Tulisan Berjalan

Selamat Datang di Blog Saya ** Blog Pembelajaran tentang Praktikum Elektronika dan Sistem Digital ** Electrical Engineering Faculty of Engineering Andalas University ** Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas ** Jangan Lupa Tinggalin Komen ya...:-)

Modul 2 : Tugas Pendahuluan



1. Kondisi[kembali]
Bila ditekan tombol # maka akan muncul seven segmen counter down angka genap 8-0

2. Gambar Rangkaian Simulasi[kembali]
#include <Keypad.h>

char tombol[4][3] =
{
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},     //inisiasi untuk keypad matriks 4x3
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};

byte pinBaris[] = {0, 1, 2, 3};   //inisiasi pin keypad di arduino
byte pinKolom[] = {4, 5, 6};        //inisiasi pin keypad di arduino

Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(tombol),
                       pinBaris, pinKolom, 4, 3); //inisiasi keypad dari library

void setup() {
  pinMode(7, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> a
  pinMode(8, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> b
  pinMode(9, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> c
  pinMode(10, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> d
  pinMode(11, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> e
  pinMode(12, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> f
  pinMode(13, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> g
  

}

void loop() {
  char kode = keypad.getKey(); //membaca keypad
  if (kode == NO_KEY)           //jika tombol tidak di tekan
    return;
  if (kode == '0')             //kondisi awal jika tombol 0 ditekan
  { digitalWrite(7, LOW);     //pin 2 menuju a bernilai 1
    digitalWrite(8, LOW);     //pin 3 menuju b bernilai 1
    digitalWrite(9, LOW);     //pin 4 menuju c bernilai 1
    digitalWrite(10, LOW);     //pin 5 menuju d bernilai 1
    digitalWrite(11, LOW);     //pin 6 menuju e bernilai 1
    digitalWrite(12, LOW);     //pin 7 menuju f bernilai 1
    digitalWrite(13, HIGH);      //pin 8 menuju g bernilai 0
  }
  
  else if(kode == '#')                   //kondisi awal jika tombol # ditekan
  { digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
    delay(1000);

    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,LOW);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
    delay(1000);
    
    digitalWrite(7,LOW);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,LOW);
    digitalWrite(11,LOW);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
     delay(1000);


    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,LOW);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,LOW);
    digitalWrite(13,HIGH);
     delay(1000);


    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,LOW);
    delay(1000);

}
}

5. Video Simulasi[kembali]

6. Prinsip Kerja Rangkaian[kembali]
Prinsip kerja rangkaian diatas adalah kontrol dari arduino untuk memproses data input dari keypad lalu diolah dan output nya ditampilkan ke 7 segment. Ketika # keypad ditekan maka data akan masuk pada arduino, pada program arduino # dikenali sebagai counter down angka genap mulai dari angka 8 sampai angka 0. lalu arduino mengeksekusi program tersebut dengan menampilkan nya pada 7 segment

7. Link Download[kembali]
  • Rangkaian dan list program download disini
  • Video download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar